Evaluasi Akhir Tahun Rumah Video & KitPro Indonesia

Monday, December 28, 2009


Berpikir dan berpikir lagi...sebentar lagi 2009 akan terlampaui..dan sedikit corat coret (en curhat mungkin) sebelum evaluasi nantinya secara menyeluruh untuk kinerja Rumah Video di tahun 2009 kemarin.

Prestasi :
1) Konsisten dalam branding Rumah Video dan KitPro Indonesia via web (rumahvideo.com dan kitproindonesia.com). Rumah Video lebih ditujukan untuk lini produk video dokumentasi dan foto untuk segmen individu dan perusahaan, sementara KitPro lebih ditujukan untuk lini produk video profile untuk segmen corporate. Paling tidak sudah ada beberapa order yang masuk via web tersebut.

2) Dibandingkan tahun sebelumnya, sales dilakukan secara lebih intensif ke perusahaan-perusahaan yang ada di Jakarta. Ada pergiliran untuk jenis perusahaan yang dikunjungi, satu waktu ke perusahaan outbound, lalu ke lembaga training, kampus, hotel, sekolah, perusahaan obat, dsb.

3) Selain inovasi selling di segmen corporate, inovasi dilakukan untuk segmen individu dengan mendirikan konsep gerai pada pertengahan tahun. Dengan fixed cost yang tidak jauh berbeda dari sebelumnya, konsep gerai ditujukan untuk memperbesar potensi pendapatan dari segmen individu yang sebelumnya kurang tergarap. Alhamdulillah, tingkat sales-nya cukup membantu kemarin, dengan peningkatan sales yang signifikan terutama untuk lini produk transferan, editan dan dokumentasi. Beberapa selling terbukti membantu signifikan, seperti orderan transferan hingga ratusan kaset dari sebuah sekolah swasta ternama di Jakarta, dan lainnya.

Evaluasi :
1) Secara umum, efek krisis 2008 kemarin memang membuat perusahaan banyak memotong atau menunda budget audio visualnya. Progress sales ke corporate secara umum berlangsung stagnan tahun kemarin. Alhamdulillah masih banyak tertolong oleh klien lama yang masih rutin mempercayakan dokumentasi rutinnya kepada kami, dan juga tertolong oleh peningkatan sales di segmen individu. Ke depannya sejalan dengan prospek ekonomi yang lebih optimis di 2010, Insya Allah semoga berdampak positif pada peningkatan sales di segmen corporate ini.

2) Jor-joran budget ekspansi usaha di awal tahun dalam bentuk peningkatan biaya marketing dan penambahan SDM ternyata tidak langsung berdampak pada peningkatan sales, terutama di level corporate. Proses penanaman kepercayaan dan juga market education di level corporate membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten, sehingga efisiensi dalam pemanfaatan budget perlu dilakukan untuk bisa melewati proses "maraton" tersebut. Ke depannya perlu budget planning yang lebih ketat dan bijak.

3) Good in planning, but need improvement in execution. Proyeksi keuangan yang sudah dibuat secara rapi di awal dan tengah tahun kurang diterapkan secara disiplin di lapangan. Memang kondisi menghendaki banyak improvisasi ketika tahun berjalan, hanya saja ke depannya, keseimbangan antara planning dan eksekusi perlu lebih diperhatikan lagi. Selain itu, kerapihan pelaporan keuangan ke depan perlu diperbaiki.

Evaluasi besarnya, target sales dan laba 2009 tidak tercapai. Targetnya memang ambisius kala itu, dengan asumsi optimis pertumbuhan omset sampai 10x-nya.

Semoga raker tahunan ke depan bisa memutuskan langkah-langkah strategis untuk tahun ke depan...banyak PR ternyata untuk 2010...
Bicara optimis, kita berharap kondisi corporate lebih baik tahun depan, jadi alokasi budget untuk audio visual bisa bertambah, dan semoga masih ada cukup "kue" untuk kita. Kondisi pasar individu, pertumbuhan camcoder digital tahun ini sebesar 25%, menjadi sekitar 120rb unit. Dengan berbasis data yang ada bahwa pasar camcoder 60% terpusat di Jakarta, ada sekitar 72rb unit yang terjual tahun ini. Asumsi kasar, paling tidak ada 400-500ribuan pemilik camcoder di Jakarta saat ini. Untuk pasar ini, transfer dan editan diharapkan bisa menjadi andalan. Market education perlu terus dilakukan agar awareness pemilik camcoder akan urgensi kualitas rekaman audio visual momen-momen berharga mereka bisa terus meningkat.

Hopefully, 2010 will be interesting and successfull year...:)

Kemenangan

Dapat kata-kata bagus dari sebuah buku yang sebetulnya buku lama, buku tahun 1947 yang terjemahannya berjudul "Jurus Anti Gagal dalam Menjual". Syair yang inspiratif yang ditulis oleh Herbert Kauffman.........

Kemenangan

Kamu adalah orang yang biasa membual
bahwa kamu akan meraih yang terbesar
suatu hari nanti.

Sebenarnya kamu hanya ingin pamer,
menunjukkan seberapa banyak yang kamu tahu,
dan membuktikan seberapa jauh jarak yang bisa kamu
tempuh.

Setahun sudah kita lewati.
Gagasan baru apa saja yang muncul di benakmu?
Seberapa banyak hal besar yang kamu lakukan?

Waktu menyerahkan dua belas bulan yang selalu baru ke tanganmu.
Seberapa banyak peluang darinya yang kamu manfaatkan
dan
raih lagi sementara begitu sering kamu melewatkannya?

Kita tidak menemukan namamu di daftar orang-orang sukses.
Jelaskan kenapa?
Ah tidak, itu bukan karena kamu tidak punya kesempatan!
Seperti biasa -- kamu tidak berbuat apa-apa.

Selamat Tahun Baru 1431 H

Friday, December 18, 2009

Allahummaj'al awwalhadzihissanati shalahan wa awsathaha sururan wa akhiraha najahan. Ya Allah jadikan awal tahun ini perbaikan, pertengahannya kegembiraan dan akhirnya kesuksesan.

selamat tahun baru 1431 H!! :)

Rela Pada Ketentuan Allah

Monday, December 07, 2009


Nemu kata-kata indah di bawah ketika berselancar di dunia maya...
Sejuk...bagai embun yang menetes di bebatuan yang mulai mengeras..
Something missing in all the puzzle of my life...know it..and I still try to figure it out..for now I just wanna be Ikhlas..:)

Rela Pada Ketentuan Allah
Oleh: Imam Asy-Syafi’i

Biarkanlah hari-hari berbuat semaunya
Berlapang dada-lah jika takdir menimpa

Jangan berkeluh-kesah atas musibah di malam hari
Tiada musibah yang kekal di muka bumi
Jadilah laki-laki tegar dalam menghadapi tragedi
Berlakulah pema’af selalu menepati janji

Jika banyak aibmu di mata manusia
Sedang engkau berharap menutupinya
Bersembunyilah engkau di balik derma
Dengan derma aibmu tertutup semua

Jangan pernah terlihat lemah di depan musuhmu
Sungguh malapetaka jika musuh menertawaimu

Jangan berharap dari orang kikir kemurahan
Di neraka tiada air bagi orang yang kehausan
Rizkimu tidak berkurang karena kerja wajar perlahan
Berlelah-lelah tidak menambah rizki seseorang

Tiada kesedihan yang kekal tidak pula kebahagiaan
Tiada kesulitan yang abadi tidak pula kemudahan

Jika engkau berhati puas dan mudah menerima
Sungguh, antara engkau dan raja dunia tiada beda

Barangsiapa kematian datang menjemputnya
Langit dan bumi tak kan mampu melindunginya

Bumi Allah begitu lapang luas membentang
Namun seakan sempit kala ajal menjelang

Biarkanlah hari-hari ingkar janji setiap saat
Kematian tak mungkin dicegah dengan obat

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.