Mengikat Karyawan

Friday, December 14, 2007




Sekali lagi, hanya berusaha untuk menuliskan kembali apa yang saya pelajari di bangku kuliah. Sambil meraba-raba, seperti apa baiknya penerapannya di Rumah Video [Fik,Cep, kalau kalian membacanya juga, tolong sambil dipikirkan juga penerapannya yang pas yah...:) ]

Employee engangement, atau keterikatan karyawan, adalah sebuah tema yang mungkin tidak akan habis-habisnya dibahas. Sudah lazim kita temui, karyawan yang sudah lama bersama kita akhirnya harus meninggalkan kita. Yang menjadi masalah adalah manakala ternyata karyawan itu adalah seseorang yang selama ini telah menjadi andalan kita dan kita merasa bahwa ia nyaris tak tergantikan di sana. Well, tentunya selain kita harus terus mempersiapkan calon pengganti untuk setiap posisi, mungkin ada baiknya bila kita mengevaluasi sistem SDM yang ada di bisnis kita.

Secara umum, perusahaan dan karyawan memiliki fokus yang berbeda. Bila perusahaan mempunyai kepentingan profit, pertumbuhan, serta kepastian proses produksi, maka karyawan kepentingannya ialah kesejahteraan, diperlakukan secara fair, serta potensi pengembangan karir.
Memang, masih ada titik temu di antara keduanya. Kelangsungan usaha untuk pengusaha sebenarnya ialah juga peluang kerja bagi karyawan. Walau demikian, tetap saja di dalam praktiknya potensi konflik kepentingan antara keduanya tidak dapat dihindari.

Salah satu tools yang bisa digunakan untuk mengukur keterikatan karyawan adalah tools yang dikembangkan oleh Gallup. Tools ini terdiri dari 12 pertanyaan, dibuat setelah melalui 80.000 interview dengan manager di lebih dari 400 perusahaan. List pertanyaannya adalah sebagai berikut.

1. Do you know what is expected of you at work?
2. Do you have the materials and equipment you need to do your work right?
3. At work, do you have the opportunity to do what you do best every day?
4. In the last seven days, have you received recognition or praise for doing good work?
5. Does your supervisor, or someone at work, seem to care about you as a person?
6. Is there someone at work who encourages your development?
7. At work, do your opinions seem to count?
8. Does the mission/purpose of your company make you feel your job is important?
9. Are your associates (fellow employees) committed to doing quality work?
10.Do you have a best friend at work?
11.In the last six months, has someone at work talked to you about your progress?
12.In the last year, have you had opportunities at work to learn and grow?



Hmm…sekali lagi, penerapannya tidak akan sesimple penulisannya. Hanya saja, tetap tidak ada salahnya dicoba. Ikut berpikir dalam sudut pandang karyawan, bukankah itu salah satu dari karakteristik berpikir menang-menang, salah satu dari 7 habitsnya Stephen Covey.

Semoga bermanfaat.

Note : 1) Sebuah periode yang berat manakala karyawan memang sudah mulai hitung-hitungan. Ketika ia mengetahui profit yang dihasilkan oleh perusahaan dari sebuah event, maka ia akan selalu membandingkan dengan kompensasi yang didapat olehnya sebagai seorang karyawan. Saat itu, mungkin sudah saatnya untuk berbicara dari hati ke hati, menjelaskan bahwa perusahaan sedang dalam fase bertumbuh, dan ia akan tetap memiliki kesempatan untuk terus berkembang, manakala ia tetap mendukung perusahaan untuk melangkah.

2) Tetap optimis, dan selalu sebarkan aura positif untuk karyawan kita. Thanks atas sharingnya, Bang Azmi.

3) Ditulis di hari-H ujian HRM, dengan Gallup sebagai salah satu materinya….:)

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.