A Class with Drucker

Tuesday, September 23, 2008


Bisa dikatakan “A Class with Drucker” adalah buku yang dinanti-nanti oleh semua mahasiswa bisnis paruh waktu di dunia. Di dalamnya diceritakan materi-materi yang dibahas dalam perkuliahan kelas malam yang kebetulan sedang digeluti oleh penulisnya dan dengan lincahnya dikaitkan dengan praktek bisnis nyata di lapangan. Benar-benar sebuah masterpiece dari seorang William A. Cohen, PhD.

Coba kita lihat sebagian isinya.

Salah satu tips dari Drucker adalah bertanya. Jack Welch sendiri mengakui bahwa GE bisa tumbuh dari nilai pasar 12 milliar dollar pada 1981 menjadi 25 kali lipatnya saat ia keluar, salah satunya dipicu oleh 2 pertanyaan dari Drucker. Pertanyaannya adalah, ”Jika Anda belum siap di dunia bisnis, maukah Anda masuk ke dalamnya hari ini?”. Dan lalu diikuti dengan pertanyaan kedua yang lebih sulit, ”Lalu apa yang akan Anda lakukan?” Menurut Welch, pertanyaan-pertanyaan dari Drucker membuat dia kemudian melepaskan bisnis yang tidak menguntungkan dan melangsingkan GE hingga mencapai sukses luar biasa.

Drucker berkata seperti ini ketika ditanya tentang rahasia kesuksesan dirinya, ”Tidak ada rahasia. Anda hanya perlu mengajukan pertanyaan yang tepat. Ketidaktahuan itu bukan hal yang buruk jika kita tahu cara menggunakannya. Anda harus sering-sering melakukan pendekatan terhadap masalah dengan ketidaktahuan Anda, bukan apa yang Anda anggap Anda ketahui dari pengalaman masa lalu, karena tidak jarang, apa yang Anda anggap Anda ketahui ternyata salah.”

Salah satu saran Drucker yang lain adalah kuasai keahlian lain di luar bidang Anda untuk bisa menjadi pemimpin strategis. Salah satu medianya, adalah membaca, tidak cuman membaca aspek-aspek yang terkait dengan bisnis atau spesialisasi, akan tetapi juga membaca aspek-aspek di luar itu, mungkin olahraga, agama, politik, atau sastra. Selain itu, juga berinteraksi aktif dalam diskusi-diskusi dalam aspek-aspek itu.

Next, adalah menuliskannya. Menulis akan sangat susah dilakukan di awal. Namun seperti kata pepatah lama, Anda tidak akan benar-benar memahami sesuatu kecuali Anda menuliskannya. Well, jadi ingat sebenarnya sudah sekitar 2 bulanan blog ini tidak pernah diisi kembali. Saat ingin memulai lagi untuk mengisi blog ini jujur rasanya sulit sekali. Begitu dicoba, mulai terasa lagi unsur kakunya. Belum ada alur yang jelas antara premis, pertanyaan, pernyataan, bukti pendukung dan diakhiri dengan penutup premis. Segala sesuatunya mengalir apa adanya. Saya tidak ingin terpaku dengan gaya-gaya tertentu. Yah, jalani sajalah dulu.

Bersambung......

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.