The Future of Management, best business book in 2007??

Wednesday, April 02, 2008


Bayangkan sebuah perusahaan dimana kinerja karyawan ditentukan oleh rekan-rekan sejawatnya, sebuah perusahaan dimana tekanan pekerjaan justru datang dari rekan sejawat. Sebuah perusahaan yang terdiri dari tim-tim kecil yang saling bersaing satu sama lain untuk bisa menghasilkan profit terbesar bagi perusahaannya. Sebuah perusahaan yang menerapkan prinsip transparansi untuk kompensasi bagi karyawannya.

Dan bagaimana bila dikatakan bahwa perusahaan ini menghasilkan sales hingga $ 6 trilyun setahun dan mengoperasikan hingga 194 toko. Selama 15 tahun dari semenjak IPO di 1992, perusahaan ini telah mengalami kenaikan nilai saham hingga 3000 persen. Ia disebut sebagai perusahaan retail makanan Amerika paling menguntungkan bila diukur dengan profit per meter persegi. Namanya adalah Whole Foods Market, retail makanan organik terkemuka di Amerika.

Ada juga cerita soal perusahaan manufaktur mobil di Amerika yang membutuhkan waktu hingga 20 tahun untuk menyadari apa yang membuat Toyota menjadi perusahaan yang memiliki sistem manufaktur yang hyperefficient. Kisah dimulai dari 20 tahun lalu, dimana mereka mencoba mengirimkan karyawan mereka untuk belajar secara langsung dari Toyota di Jepang. Setelah laporan dikeluarkan, mereka malah tidak mau mempercayai bahwa ada perusahaan yang mampu untuk menghasilkan produk dengan tingkat defects (cacat) yang sangat kecil. Butuh waktu 5 tahun sehingga mereka menyadari bahwa Toyota memang unggul dari mereka.

5 tahun berikutnya mereka habiskan dengan beralasan bahwa Toyota bisa seperti itu karena kultur masyarakat Jepang yang khas. Akan tetapi, begitu Toyota berhasil memindahkan operasi perusahaannya ke Amerika dengan level yang sama dengan menggunakan karyawan dari AS, maka mereka pun kembali terdiam. 5 tahun berikutnya mereka habiskan dengan mempelajari sistem operasi Toyota secara lebih detail. Hanya saja, walaupun kemudian mereka telah berusaha untuk mencontek sistem ini, tetap saja mereka tidak bisa menyamai level yang telah diperoleh Toyota. Baru di 5 tahun setelahnya, mereka menyadari bahwa kesuksesan Toyota adalah akibat prinsip-prinsip organisasi yang dipunyainya – Toyota memiliki kemampuan continous improvement dengan mengandalkan karyawan2 yang dipunyainya sebagai ujung tombak pemecah masalah. Makanya sistem produksinya dikenal dengan nama ”Thinking people system.”

Kutipan cerita itu semua adalah kutipan yang diambil dari buku terbaru Gary Hamel, Future of Management. Gary Hamel yang terkenal dengan bukunya ”Leading the Revolution” ini bisa dikatakan pakarnya inovasi manajemen. Bahkan buku ini disebut oleh editor di Amazon.com sebagai buku bisnis terbaik 2007.

Secara umum, buku ini terbagi menjadi 4 bagian. Bagian pertama, Why Management Innovation Matters, adalah inti ide dari Hamel. Bagian kedua, Management Innovation in Action, sarat dengan contoh-contoh inspiratif akan inovasi manajemen. Kita bisa dapati kasus Whole Foods Market seperti di atas, juga ada kasus W.L Gore&Associates, yang menggunakan istilah leader ketimbang bos, dan juga kasus Google, yang punya formula 70-20-10, artinya 70% untuk urusan layanan basis bisnis, 20% untuk pengembangan layanan dan 10% untuk berbagai layanan.

Bagian ketiga, Imaging the future of management, mengajak pembacanya untuk berpikir aspek manajemen mana yang harus kita pikirkan ulang. Bagian terakhir, Building the future of management, berisikan tuntunan praktis sebagai panduan untuk berinovasi dalam manajemen.

Ide-ide yang ada di buku ini memang sangat inspiratif. Ketika banyak orang mengatakan business model adalah yang paling penting, maka Gary mengatakan bahwa itu saja tidak cukup. Di atas inovasi business model, dan juga inovasi produk/jasa serta operational, adalah inovasi dari sisi manajemen.

Secara umum, buku ini sangat worth to read, baik oleh akademisi maupun praktisi bisnis. Isinya memang lebih berat dibandingkan buku Gary sebelumnya, Leading The Revolution, yang lebih kaya akan contoh-contoh praktis. Yah, bisa jadi nantinya future of management bukan lagi hanya berkiblat pada dunia barat. Siapa tahu Indonesia nantinya bisa jadi sumber dari masa depan itu...:)

Gud luck for the reading...

6 comments:

WURYANANO said...

Bagus Mas Budi, review buku ini.
Saya bersyukur telah memperoleh buku ini dari Mas Budi Setiawan.

Tepat sekali, karena saya sedang memikirkan terobosan manajemen perusahaan saya, agar semakin efektif dan efisien dari segala sisinya.

Salam Luar Biasa Prima!

Budi Setiawan said...

Alhamdulillah Pak kalo berguna.
Buku ini memang lebih tepat bila bisa didayagunakan oleh orang seperti Pak Nano..
Ke depannya, semoga teori manajemen modern bisa lahir juga dari tangan bangsa kt Pak. termasuk Pa Nano...:)

Anonymous said...

Improbably. It seems impossible. [url=http://cgi3.ebay.fr/eBayISAPI.dll?ViewUserPage&userid=acheter_levitra_ici_1euro&achat-levitra]acheter levitra generique[/url] I consider, that you are not right. Write to me in PM, we will talk.

Anonymous said...

At our seek you can reveal diverse medication and of programme naturally such lay http://ipod-playlist.com/ Best Discount Cialis Pharmacy Online a man – Shoddy Generic Viagra pharmacy.

Anonymous said...

viagra espana wzbzerwdtj uifqbpszeo [url=http://csalamanca.com]viagra [/url] geizltqqcv zjkcvobqez comprar viagra xoelhbavmq kdacpdtpnh

Anonymous said...

...please where can I buy a unicorn?

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.