Balancing Your Life !! [Plan 2008]

Tuesday, December 25, 2007


Saya pernah mendengar, secara umum, manusia memiliki 3 potensi dasar dalam dirinya, potensi fikriyah, jasadiyah dan ruhiyah. Seorang yang seimbang dalam hidupnya, paling tidak seharusnya selalu berusaha untuk mengoptimalkan potensi-potensi dasar ini, sebelum nantinya beranjak ke potensi-potensi yang berkaitan dengan sosialisasinya di masyarakat.

Nah, teorinya memang mudah. Hanya saja, aplikasinya di lapangan selalu tidak segampang ucapan. Tulisan ini, sekedar meng-encourage saya untuk mencoba tawazun dalam menyeimbangkan kesemua potensi ini.

Terus terang saya harus akui, dalam perjalanannya unsur fikriyah saat ini terlalu mendominasi perjalanan hidup dalam setahun ke belakang. Dengan porsi waktu yang dalam sehari minimal 8 jam dihabiskan di kantor, kuliah sekitar 3 jam - belum bila ada lembur, tugas kelompok dan kerja tambahan di Rumah Video - hanya ada waktu sisa yang sedikit untuk aktivitas jasadiyah dan ruhiyah setiap harinya, terlebih bila harus dikurangi lagi dengan waktu yang dihabiskan di jalan dan waktu tidur.

Untuk jasadiyah, sebetulnya saya saat ini mencoba mensiasatinya dengan mencoba rutin bermain futsal dengan teman-teman kuliah dulu di UI Depok setiap sabtu. Hanya saja, aplikasinya kadang sabtu pagi terisi dengan acara lain sehingga yang terjadi adalah absen olahraga selama seminggu. Nah, menyambut 2008, saya bertekad untuk memperbaiki tingkat kehadiran saya di sini.

Sebagai tambahan, akhirnya saya memutuskan untuk membeli sepeda dan bertekad untuk bisa rutin minimal seminggu 2 kali menaikinya. Apalagi, kebetulan rumah terletak dekat dengan Kebun Binatang Ragunan, yang setiap paginya biasanya dibuka secara gratis untuk orang-orang yang ingin berolahraga di dalamnya. Yah, siapa tahu dalam perjalanannya, saya bisa jadi bagian dari komunitas B2W (Bike To Work), sekalian menghemat ongkos bensin. Lumayan bila kesampaian coz harga minyak dunia sekarang sudah melangit dan ikut berkontribusi untuk menghindari global warming (hehe…agak muluk yah).

Nah, untuk ruhiyah sebetulnya memang konotasinya luas. Ia tidak hanya terbatas pada aktivitas keagamaan semata, melainkan juga mencakup aktivitas-aktivitas refreshing atau refleksi yang bisa menyegarkan pikiran. Akan tetapi, karena hidup tidak hanya untuk dunia, bukankah lebih efektif bila kita bisa memanfaatkan momen keagamaan sebagai ajang refreshing kita.

Terkait dengan ini, aktivitas yang saya coba untuk rutin jalani adalah pengajian rutin mingguan yang kebetulan sudah saya ikuti dari zaman SMU. Yah, lumayan menyegarkan sebagai pelarian sesaat dari aktivitas duniawi yang melelahkan. Lagipula, selain mengaji, banyak pencerahan-pencerahan yang muncul di dalam aktivitas ini. Terlebih, teman-teman 1 kelompok kebetulan berasal dari beragam profesi, mulai dari PNS hingga wirausahawan, juga berasal dari bermacam background pendidikan, beberapa juga lulusan S2.

Selain itu, aktivitas yang saya coba untuk persering lakukan adalah memperbanyak refreshing keluar Jakarta. Alhamdulillah, beberapa minggu ke belakang saya mencoba mengisinya dengan bepergian, mulai dari Bandung, Sadang hingga Sukabumi. Cukup menyenangkan dan menyegarkan melihat suasana alam lain di luar Jakarta yang sudah terlalu sumpek.

Nah, untuk 2008 saya pikir tetap banyak hal yang harus saya perbaiki dari sisi ini. Aktivitas mengisi ruhiyah haruslah tetap menjadi agenda harian, dan bukan hanya menjadi agenda mingguan. Saya memang sudah mencobanya, hanya saja tetaplah sangat sulit untuk bisa konsisten setiap harinya.

Sekedar tambahan untuk tulisan ini, saya sekarang mulai berpikir sepertinya aktivitas saya menulis di blog ini bisa jadi salah satu sarana saya untuk menyegarkan pikiran saya. Banyak ide baru yang baru muncul ketika menulis di sini, dan tentunya banyak refleksi yang dihasilkan di sini. Yah, tentunya semoga ini bisa menjadi salah satu wahana saya untuk bisa menyeimbangkan hidup saya. Insya Allah tahun 2008 bisa lebih baik lagi. Amin.

1 comments:

david santos said...

Nice posting, thank you,


I wish you a good end of 2007 and a good year of 2008.

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.