Disruption

Monday, July 03, 2017

Disruption...sebetulnya apa arti dari kata2 yang saat ini entah kenapa sedang menjadi hits.

Pertama kali memang baru mendengar kata-kata ini dari buku Reinald Khasali yang terbaru dengan judul yang sama, kemudian baru saja beberapa hari yang lalu berdiskusi dengan salah satu VP di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang menyinggung kata2 yang sama ini.   

 Yup...disruption..

 Kalau membuka kamus Bahasa Inggris-Indonesia, kita akan menemukan bahwa arti disruption adalah gangguan atau kekacauan. Dalam prakteknya, disruption disematkan pada hal yang mengganggu kemapanan dari status quo dan pada akhirnya membuat status quo menjadi tidak relevan lagi.

 Ingat cerita Nabi Nuh? Disruption ibarat air bah kala itu yang seakan menghancurkan segalanya dan menggantikan dengan yang baru. Ide yang kemudian diadopsi di beberapa film2 Hollywood seperti Kingsman dan Inferno-nya Dan Brown. Memang itu adalah versi yang ekstrem, dimana di film itu diceritakan bahwa umat manusia harus dimusnahkan terlebih dahulu untuk kemudian digantikan dengan manusia pilihan.

 Versi yang jauh lebih moderat, tatanan atau produk konvensional yang ada sekarang tergantikan oleh produk baru yang merubah kebiasaan lama. Dalam kehidupan aktual, kita mengenal sekarang Uber, AirBNB, dan yang paling dekat dengan kita, Gojek dan Tokopedia. Uber dan Gojek menggantikan kebiasaan lama kita dalam bertransportasi yaitu menyetop taxi di pinggir jalan. Airbnb mengubah kebiasaan lama kita untuk mencari hotel ketika ingin travelling. Tokopedia, Lazada, dan marketplace lainnya juga merubah kebiasaan kita dalam berbelanja.

 Clayton Christensen mengatakan bahwa disruption menggantikan pasar lama, industri dan teknologi, dan menghasilkan suatu kebaruan yang lebih efisien dan menyeluruh. Ia bersifat destruktif dan kreatif.

 Disruption akan selalu hadir dalam berbagai bentuk. Bagaimana kita menghadapi dan mengantisipasinya? Ini akan menjadi PR kita masing-masing..... (bersambung)

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.