“ MEMBANGUN KOMUNITAS BERKARYA “

Thursday, June 19, 2008



Oleh : Acep Hidayat, Rumah Video, Senior Editor
*Sebagaimana dimuat di Media Indonesia, 4 Juni 2008

http://www.rumahvideo.com/pages/posts/ldquo-membangun-komunitas- berkarya-ldquo169.php

Keinginan mengapresiasi diri dan berkarya adalah dambaan semua orang muda. Karena itu, kita punya potensi besar untuk bangkit melawan keterpurukan di negeri ini. Kenyataannya tak semua orang muda mudah melakukannya. Keterbatasan pendidikan, fasilitas, sarana dan jejaring membuat potensi dan bakat mereka terbengkalai. Tak mengherankan, ada sebagian kawan yang lalu menjadi manusia tidak produktif alias pengangguran. Padahal, bekerja adalah wujud eksistensi diri di tengah masyarakat.

Keprihatinan tersebut tak hanya cukup diungkapkan dengan kata, namun membutuhkan gerak konkret. Mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai saat ini adalah slogan yang sangat relevan untuk dilakukan.

Teman-teman di Rumah Video tergerak untuk membangkitkan semangat berkarya di tengah orang muda. Berbekal pengalaman berkarya di bidang media audio-visual, eksistensi dan lapangan kerja yang telah kami buka buat sebagian kawan-kawan terdekat, kami mencoba melakukan program lokakarya audio visual. Sasarannya, kawan-kawan muda yang ada di dalam kampus maupun luar institusi kampus. Lokakarya dilakukan berjenjang dan diberikan kepada kawan-kawan muda yang ingin belajar media audio -visual. Mulai dari pelatihan kameraman, pengeditan, dan tema-tema seputar media audio visual lainnya.

Lokakarya ini gratis, namun hanya diberikan terbatas kepada kawan-kawan muda yang memiliki antusiasme belajar yang tinggi walaupun belum mempunyai kemampuan teknis sama sekali. Pelatihan dilakukan dengan praktik langsung di lapangan. Harapannya, peserta lokakarya tak saja mahir dalam hal-hal teknis, tapi juga memiliki inovasi sehingga diharapkan kelak bisa menjadi trendsetter, bukan pengikut atau latah. Tak kalah pentingnya, mampu membaca peluang dalam bisnis ini. Yup, menjaga idealisme sembari menghasilkan pendapatan, minimal buat diri mereka sendiri.

Buat kami, lokakarya ini jadi ajang menjalin pertemanan juga sumber inspirasi, membagi pengalaman, dan membuka peluang bisnis, khususnya di bidang media audio-visual. Menjadi manusia bermanfaat cita-cita ideal kami di Rumah Video, dan ternyata melakukannya tidaklah sesulit yang dibayangkan.

Tanggapan positif dari peserta lokakarya agar kegiatan ini dibuat berkala memberikan semangat tersendiri bagi kami. Jadi dengan kemauan, kerja keras, dan tekad untuk jadi manusia yang mau berubah lebih baik, harapan ini akan jadi kenyataan. Semoga langkah kecil komunitas ini akan jadi langkah besar ketika orang-orang muda bangkit untuk berkarya dengan segala potensi yang mereka miliki.

Pemuda bangkit, 100 tahun kebangkitan Indonesia bukanlah mimpi, dan akan jadi kenyataan.

1 comments:

Anonymous said...

such a nice blog.


loansrestructuring

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.