Belajar Berpikir Positif

Sunday, October 21, 2007


Yah, terus terang itu yang sekarang sedang saya coba untuk lakukan. Saya selalu merindukan masa-masa kita masih menjadi anak kecil dahulu, betapa rasanya kita akan dengan polosnya berkata kita ingin menjadi presiden, ingin bisa berkeliling dunia, atau hal-hal lainnya yang rasanya begitu imajinatif. Impian-impian yang terkadang konyol, akan tetapi kita merasa seakan-akan impian itu pasti akan tercapai. Tidak peduli apa pandangan orang, tidak peduli dengan kritikan yang ada, atau bahkan tidak memikirkan apakah impian itu nantinya layak secara finansial atau tidak.

Akan tetapi perjalanan waktu seakan mengerus keyakinan-keyakinan yang sempat sangat bersemi di masa kanak-kanak itu. Ketika kita melakukan kesalahan, alih-alih kita diberikan sebuah saran yang konstruktif, malahan yang ada adalah sebuah kritikan pedas yang menghancurkan mental. Alih-alih didorong untuk maju, yang ada malahan ungkapan-ungkapan yang bernada merendahkan atau menyangsikan kemampuan kita sehingga membuat kita ragu untuk melangkah maju.

Terus terang juga, saya harus akui bahwa pertarungan untuk selalu berpikir positif bukanlah sebuah pertarungan yang mudah. Masih banyak hal di depan mata yang masih belum pasti akan seperti apa jadinya. Masih banyak kekurangan yang masih harus saya benahi. Akan tetapi, karena Allah hanya akan mengikuti persangkaan hamba-Nya, maka saat ini biarlah saya mencoba untuk terus berpikir positif, terutama akan diri saya.

Terkait dengan ini, ada point menarik yang ingin saya sharing. Beberapa bulan yang lalu, saya mengikuti training Effective Business Communication, dari kantor saya. Selain mempelajari teknik-teknik komunikasi yang pas dalam lingkungan bisnis, yang menarik adalah di akhir training selama 2 hari itu, masing-masing peserta diminta untuk menuliskan hal-hal yang disukainya dari peserta lainnya. Memang seh tidak semua point yang ada benar-benar tepat menggambarkan orang yang dinilainya. Akan tetapi, dari sesi ini kita diajarkan akan satu hal penting, yaitu betapa pentingnya sebuah umpan balik yang positif.

Seringkali dalam pergaulan atau bisnis, kita sangat mudah untuk memberikan komentar ketika ada kesalahan dari orang lain. Akan tetapi, di saat orang lain telah mengerjakan sesuatu dengan baik, kita lalai untuk memberikan pujian kepadanya. Sehingga yang terkesan adalah melakukan pekerjaan secara benar adalah suatu kewajaran sementara melakukan kesalahan adalah suatu hal yang sangat terlarang. Seringkali hal seperti ini bukan karena kita tidak menyukai apa yang telah dikerjakan oleh orang lain itu, akan tetapi yang terjadi adalah kita tidak terbiasa untuk memberikan pujian secara terbuka.

Memberikan pujian adalah sesuatu hal yang terkesan simple. Kita mungkin berpikiran bahwa untuk apa memberikan pujian, toh memang hal itu sudah menjadi tugasnya dan ia dibayar untuk itu. Akan tetapi, coba berpikir dari sudut pandang orang yang diberikan pujian. Sedikit pujian dari kita mungkin akan menjadi setitik embun di tengah kekeringan hati seseorang, di tengah masalah-masalah yang mungkin sedang dihadapi oleh orang itu. Dan kita tidak akan pernah tahu, betapa mungkin pujian kita itu akan menjadi sesuatu yang akan terus diingat oleh orang tersebut dan bisa menjadi sumber motivasi bagi orang tersebut untuk bergerak maju.

Jadi, sebagaimana kita ingin terus belajar berpikir positif, mengapa kita tidak mencoba membantu orang lain untuk juga tetap berpikir positif...Mungkin hal itulah yang bisa mempertahankan kita berada di jalur yang positif.

Note :

Ijinkan saya di bawah ini memposting komentar dari peserta lain tentang saya di training tersebut. Bukan untuk maksud apa-apa, hanya sekedar ikhtiar untuk mencoba tetap berpikir positif. Terima kasih untuk ini.

Yang saya suka dari kamu.....
- Jaketnya
- Sabar
- Kritis
- Namanya sama dgn nama gue....! 
- Sopan santun dan diplomatis
- Kritis
- Vokal jg loe bud
- Bijaksana
- Aktif banget
- Suaranya merdu + pinter

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.