Buy what’s deliverable, not what could be !!!

Monday, January 14, 2008


Yup, kutipan ini disebutkan oleh Bloomberg dalam bukunya, Bloomberg by Bloomberg. Kebetulan tidak sengaja menemukan buku ini di perpustakaan Prasetiya Mulya. Yah, namanya barang gratisan, tak ada salahnya coba menuliskan sebagian isinya di sini. Apalagi sosok yang sekarang menjadi walikota New York ini tergolong businessman yang cukup layak untuk diangkat ceritanya sebagai sumber inspirasi.

Kembali ke kutipan tadi. Kutipan yang dikatakan Bloomberg tadi sebetulnya ditujukan kepada perusahaan yang menjadi buyer (pembeli) sebuah produk dari perusahaan lain. Ini sekaligus sebagai pengingatan untuk perusahaan yang memiliki konsumen yang berasal dari perusahaan lain, atau dalam istilah kerennya Business to Business (B2B).

Membeli apa yang di-deliver. Bukan janji. Buyer tidak memiliki kewajiban untuk mengambil produk kita sebelum produk kita terbukti menghasilkan. Jadi, kita dinilai dari hasil kita, bukan dari proses kita dalam menghasilkan produk itu, juga bukan dari janji yang akan produk kita yang belum kita lakukan.

Ketakutan untuk tidak mampu men-deliver service yang terbaik seharusnya menjadi fokus utama dari setiap business owner. Takut, akan tetapi tidak membawa ia menjadi pengecut. Takut, yang dengannya ia akan menjadi lebih waspada dan akan menjadi lebih mawas diri. Mencoba untuk melihat lebih dalam akan kondisi internalnya. Memperbaiki apa yang kurang. Menstandarisasi sistem yang sudah berjalan, hingga siap untuk menghadapi setiap kemungkinan pengembangan ke depan. Takut yang seperti ini Insya Allah akan mampu memberikan kepercayaan diri lebih ketika ia dituntut untuk menyebarluaskan keunggulan produknya di tengah masyarakat luas.

Dengannya diharapkan marketing campaign tidak akan menjadi seperti janji-janji surga belaka. Dengannya marketing berarti janji. Dan integritas seseorang atau sebuah produk akan bergantung pada bagaimana ia mampu untuk menepati janjinya itu. Dengan integritas, maka kepercayaan orang lain akan tumbuh. Bertumbuhnya kepercayaan berarti peningkatan ketertarikan akan produk, yang dalam bahasa bisnis diejawantahkan dalam bahasa sales (penjualan). Dengan peningkatan penjualan, maka sebuah perusahaan bisa terus berkembang, dan akan mampu mengalahkan mitos 80% perusahaan yang berada di tahun kelima akan mati. Dan, sebagaimana bahasan talkshow dengan Action Int di SmartFM Senin kemarin, usia perusahaan hingga 1 abad bukanlah hanya menjadi mimpi.

Note : Ditujukan untuk semua tim Rumah Video, dibuat pasca Raker 2008, yang salah satu pointnya mentargetkan pertumbuhan hingga 300% dan penambahan 4 karyawan tetap lagi dalam waktu dekat, selain beberapa karyawan outsourcing. Sebuah target yang menantang, akan tetapi biarlah saat ini kami tetap berusaha untuk berpikiran positif. Bismillah, 2008, tahun ketiga Rumah Video, tahun yang penuh tantangan, akan diarungi.

1 comments:

ronny said...

Cuma bantu sebarin info kompetisi berhadiah untuk para blogger, Pass The Torch, dari web ini http://www.hitmansystem.com/index.php?news=144

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.