Kuliah itu....(1)

Sunday, February 24, 2008


Baru saja menyadari. Total sudah 3 trimester yang saya jalani di Prasetiya Mulya. Tapi, so far saya belum pernah menceritakan tentang perkuliahan yang saya jalani sekarang di media ini.

Oke. Ini sekedar pengantar. Dalam beberapa tulisan ke depan saya ingin sedikit mengangkat tentang momen perkuliahan yang saat ini sedang saya hadapi.

Terus terang saja mengambil S2 di Manajemen Bisnis adalah impian saya semenjak lulus dari kuliah. Bukan dalam artian saya tidak lagi meminati bidang yang sifatnya teknikal, karena saat ini pun saya masih berada di jalur teknikal di pekerjaan saya sebagai engineer telco. Bukan semata karena keinginan untuk mulai belajar bisnis, karena jujur saja untuk belajar bisnis ada banyak sarana lain yang saya pikir lebih efektif (contohnya TDA...:p ). Yup, alasan sebenarnya sangat simpel, untuk bisa mendapatkan perspektif dan pengalaman yang baru. Lagipula saat ini saya ingin bisa merasakan momen kuliah kembali dengan tidak mengandalkan kocek orangtua.

About the study itself, jujur saja sangat jauh berbeda dengan mata-mata kuliah yang saya dapatkan di jenjang sebelumnya, di Elektro UI. Bila di Elektro, ilmu yang diajarkan lebih banyak ilmu pasti yang hanya mengenal jawaban benar atau salah, di perkuliahan yang sekarang sebetulnya benar dan salah itu abu-abu. Jawaban yang benar untuk satu kondisi belum tentu cocok untuk diterapkan di sisi yang lain. Yang pasti, di awal perubahan mindset adalah sesuatu yang berat yang harus dilakukan.

Masa perkuliahan di Prasmul dimulai dari masa matrikulasi selama 3 bulanan. Mata kuliah yang ada sistemnya paket-salah satu perbedaan dengan S1. Saat itu, mata kuliah yang ada di matrikulasi ialah Accounting, Statistics dan Macroeconomics. Ini adalah mata-mata kuliah basic, yang dari awal pun memang sudah diniatkan untuk sekedar mengkompensasi kekurangan dari anak2 yang baru pertama kali ini mengambil mata kuliah jurusan ekonomi. Jadinya untuk mereka-mereka yang merasa sudah cukup capable, sebenarnya bisa saja men-skip matrikulasi ini, dengan tentunya musti melalui ujian bebas matrikulasi.

Di periode matrikulasi ini, mata kuliah accounting dan statistics mungkin masih tergolong mata kuliah yang cukup dekat dengan Teknik. Ini karena masih banyak itung2an yang ada di sini. Jujur saja, karenanya saya agak menganggap 2 mata kuliah ini membosankan (upss..). Mungkin karena mata kuliah itungan kayak gini dah keseringan dapet di S1. Tapi, memang harus diakui 2 mata kuliah ini adalah basic dari mata-mata kuliah selanjutnya. Accounting adalah basic dari finance, sementara statistik akan sangat digunakan di marketing, terutama nantinya untuk metode riset marketing.

Macroeconomics memang mata kuliah yang paling asyik. Mata kuliah jenis seperti ini memang baru kali ini saya dapatkan. Terlebih, dosen yang mengajar punya gaya pendekatan yang unik, informal dan presentasinya interaktif. Tugas akhirnya juga aplikatif, presentasi tentang indikator-indikator makroekonomi yang ada di negara kita. Dan kelompok kami kebagian materi tentang GDP (Gross Domestic Product).

Oh ya, satu hal tentang perkuliahan di Prasmul ini. Tugasnya lebih banyak dikerjakan secara kelompok, jadi mau ga mau dalam seminggu musti spare waktu bwat ketemuan dengan teman-teman kelompok. Problemnya adalah, rata-rata anak2 yang mengambil juga sudah bekerja, jadinya mencari waktu ketemuan pun lumayan susah. Tapi biarpun tugas banyakan kelompok, nilai perkuliahan menggunakan sistem distribusi normal, which means dari 20 orang anggota kelas yang ada, yang bisa mendapat nilai A maksimal 4 orang [wuihh..]

Anyway, periode matrikulasi yang singkat akhirnya selesai. Kesan pertamanya, menjanjikan. Juga menantang. Macroekonomics jadi mata kuliah favorit. Dan memang akhirnya nilai ujian paling tinggi dibanding mata kuliah lain, yaitu 95 (hehe..boleh dunk nyombong...:). Oke deh, demikian sekilas tentang matrikulasi. Sisanya nyusul. Any question??

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.