Tentang Ikhlas di Ayat-Ayat Cinta

Sunday, March 30, 2008


Jumat minggu lalu saat long weekend akhirnya saya bisa juga menyempatkan diri untuk menonton Ayat-Ayat Cinta, yang kabarnya kemarin baru saja menembus angka 3 juta penonton. Saya pribadi tidak ingin mengomentari pro kontra yang ada dari filmnya itu sendiri. Saya pikir wajar, di awal-awal kemunculan film-film islami akan banyak menimbulkan kontroversi. Kurang inilah, kurang itulah, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Insya Allah semoga ke depannya ini akan menjadi trigger bagi film-film Islami untuk semakin menunjukkan giginya.

Persis, semoga akan sama dengan fenomena maraknya buku-buku Islami saat ini, hingga bisa memunculkan fenomena Islamic Book Fair. Yah, bayangan saya kelak akan ada yang namanya Festival Film Islami Indonesia. Apalagi, kalau suatu saat Rumah Video bisa menjadi salah satu produsernya.

Well, bicara lagi tentang Ayat-Ayat Cinta, ada beberapa kutipan menarik dari film itu. Selain tentunya kutipan tentang ”jodoh”-nya Fahri dan Maria di tepi sungai Nil, yang sepertinya jadi hits pembicaraan beberapa teman-teman, kutipan tentang keikhlasan adalah salah satu hikmah yang bisa diambil dari film ini. Penyesalan Fahri akan dirinya yang kurang ikhlas menyikapi keadaan istrinya Aisyah yang lebih kaya darinya, dan kondisi Ia yang harus bisa mengayomi 2 istri sekaligus, menjadi titik balik dari film ini.

Yup, ikhlas. Hanung sendiri bahkan mengatakan bahwa inilah tema sentral dari film ini. Bahkan, sempat mendengarkan di Smart FM, Hanung rencananya bersama Red Pyramid akan mengadakan seminar khusus yang membahas tentang manajemen keikhlasan ini. Jadi ingat juga tentang Quantum Ikhlas-nya Erbe Sentanu, yang pernah saya ikuti tahun lalu. Atau Manajemen Qalbu-nya Aa Gym.

Ikhlas, paling tidak akan menyadarkan kita bahwa tetap ada sebuah kekuatan di luar kita yang akan selalu menyertai langkah kita. Dengan ikhlas, alih-alih mempertanyakan mengapa ini bisa terjadi, yang harusnya kita lakukan adalah mempertanyakan, bagaimana cara untuk mengatasinya?

Oh ya, ini ada sekedar tambahan tips merawat password ikhlas dari Erbe Sentanu.

Perbanyak :
1. Memberi maaf kepada orang lain dan diri sendiri. Serta memohon ampun atas kebiasaan (ketidaksengajaan) kita menyalahkan Allah.
2. Rasa pengakuan dan kepercayaan dari diri sendiri dan memberi pujian kepada orang lain.
3. Bergaul dengan orang-orang yang beroperasi di zona ikhlas (syukur, sabar, fokus, tenang, bahagia) atau energy giver.

Note :
Ayat-Ayat Cinta ini kemarin saya tonton bertiga saja dengan kedua orangtua saya. Yah, tempo hari ibu sempat protes saya sudah lama tidak pernah mengajak mereka berdua jalan-jalan dan jarang meluangkan waktu di rumah karena kerjaan. Ya sudah, kebetulan belum menonton film ini. Akhirnya jadilah saya menghabiskan waktu hari itu dengan kedua orang tua saya. Wah, ternyata memang nikmat. Alhamdulillah, Ya Allah, telah dan masih memberikanku orangtua seperti mereka.

0 comments:

Showreel Rumah Video

Testimonial tentang Audio Visual



Abu Sangkan – Trainer “Shalat Khusyu”
“Peran media audio visual sangat efektif dalam penyampaian da’wah-da’wah saya.”

Adha Muawiyah – Line Producer “Sinemart”
“ Video Company Profile sangat efektif dan efisien untuk memperkenalkan citra perusahaan kita lebih cepat. Klien maupun investor dapat lebih jelas mengetahui apa yang dia inginkan atau tuju pada perusahaan kita.”

Wuryanano – CEO PT Swastika Prima International, Direktur Lembaga Pendidikan Profesi SWASTIKA PRIMA Community College, Founder Super Mind Power Training, Penulis Buku Best Seller
“Dengan memiliki perangkat bisnis pada media Audio Visual ini, maka akan semakin meningkatkan performa bisnis dan perusahaan kita. Produk dan jasa kita pasti semakin bagus dalam pelayanan dan kualitasnya.”

Hidayatullah – Direktur PT Selaras Inti Prima Indonesia
“Media audio visual yang sangat efektif dalam membantu kinerja marketing kami, serta menjadi added value tersendiri untuk perusahaan kami.”

Note :
Alhamdulillah, materi untuk casing CD Showreel Rumah Video sudah selesai. CD ini sendiri berisikan portofolio produk-produk yang pernah kami hasilkan, mulai dari Video dokumentasi, Video profile, CD interaktif, Website, Clip&Commercial, Video Promo.Semoga bisa menjadi salah satu wahana untuk beramal lebih bagi kami. Terima kasih sebesar-besarnya kami haturkan untuk semua pihak yang dengan sukarela telah memberikan testimonialnya. Hanya Allah jualah yang bisa membalas-Nya.